Posts

Showing posts from June, 2020

CONTOH DESKRIPSI CUTTING PADA PEMBORAN BATUBARA

Image
Cutting merupakan hasil dari pemboran yang di lakukan dengan metode open hole.

Sample cutting ini dapat menunjjukkan jenis lithologi setiap kedalaman pemboran yang di lakukan.

Tujuan di lakukannya pemboran open hole:

Untuk mengetahui lithologi batuan Untuk mengetahui urutan lapisan batuanUntuk mengetahui jumlah seam batubaraSebagai acuan untuk melakukan pemboran coringSebagai acuan untuk melakukan pemboran selanjutnyaSebagai perbandingan data loggingSebagai lubang untuk melakukan perekaman elektrical logging.
Mengingat begitu pentingnya pemboran ini maka dalam pengambilan data harus diperhatikan sehingga dapat di jadikan patokan untuk tindakan penyelidikan selanjutnya.
Hal hal yang perlu di persiapkan dan di perhatikan sebelum melakukan deskripsi cutting adalah; 
Mempersiapkan plastick cutting sebagai wadahTulislah interval setiap kedalaman 1 meter kemajuan di plastik cutting. Contoh: jika kedalaman suatu lubang bor 100 meter maka interval kedalaman tiap meter di tuliskan pada masing m…

SENJA PENUH KENANGAN

Image
Siang telah berlabuh
Senja telah menyapa
Tibalah kerinduan
Tiba masanya mengingat
Orang yang jauh disana

Telah jauh pergi
Tak pernah kembali
Tanpa ada kabar yang datang
Tanpa ada pesan yang datang

Terpikirkah mengapa dirimu
Tinggal di simpang jalan ?
Tak sampai tujuan
Dan tak juga kembali

Datanglah gelap
Bertiup pula angin barat
Turunlah hujan
Turunlah air mata

Perlakukanlah aku seperti ini
Sampai kupanjat pohon asam
Dan kamu berliuran.


BUKAN HANYA HEMAT INI 7 MANFAAT BERBELANJA DI PASAR MALAM

Image
Sepertinya di indonesia sudah menjadi rutinitas bagi ibu rumah tangga untuk berbelanja di pasar malam.

Hampir di setiap sudut kota bahkkan di desa desa selalu ada tempat untuk para pedagang dadakan untuk menjual dagangannya di pasar malam.

Pasar malam memang saat ini menjadi tempat berbelanja yang paling digemari di kalangan para ibu rumah tangga alasanya selain harganya murah dan terjangkau juga semua yang di butuhkan selalu ada.

Selain itu juga anak muda dan bapak bapak tidak ketingalan ikut serta sekedar melihat lihat atau memang ingin ikut berbelanja.

Apa manfaat berbelanja di pasar malam ?

• Lebih hemat
Ini alasan paling pertama untuk para ibu mendatangi pasar malam. Seakan menjadi kewajiban untuk berbelanja di sini.

Dengan harga yang hemat dan terjangkau membuat tempat ini tidak pernah sepi oleh para pembeli.

•Serba ada
Nah siapa yang tidak senang berbelanja di tempat ini. Semua yang di butuhkan di rumah hampir semua ada seperti beras, sayur, ikan, sembako, kerupuk, pakaian, pe…

TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB WELLSITE GEOLOGIST PADA PEMBORAN BATUBARA

Image
Pada artikel sebelumnya kita sudah mengetahui Apa itu wellsite geologist pada pemboran batubara.

Lalu apa sih tugas dan tanggung jawab wellsite geologist ?

Setiap perusahaan pada umumnya sudah mempunyai SOP (standart operasianal prosedur) mengenai tugas dan tanggung jawab karyawannya masing -masing.

Tentunya setiap perusahaan memiliki SOP yang berbeda-beda tergantung kondisi lingkup pekerjaan.

Namun kita akan mengambil secara umumnya saja.

Langsung saja ya.

1. Mengawasi jalannya proses pemboran

Apa jadinya jika suatu pekerjaan tanpa ada yang memberi komando ?

Pasti bingung lah.

Begitu juga dengan wellsite geologist sebelum dilakukan proses pemboran oleh operator bor dan crew bor maka wellsite geologist harus berada untuk memberikan instruksi akan dimulainya pemboran.

Bagaimana jika wellsite geologist tidak atau belum berada di lokasi pemboran ?

Maka operator bor wajib menunggu sampai wellsite datang dan tidak boleh memulai aktivitas pemboran.

2. Menentukan lokasi titik pemboran.




Dalam …

APA ITU WELLSITE GEOLOGIST PADA PEMBORAN BATUBARA ?

Image
Saat saya lulus sekolah menengah pertama  bingung mau lanjut ke sekolah kejuruan atau ke sekolah menengah atas.

Rasanya tidak mungkin saya mengambil sekolah menengah atas mengingat orang tua hanya petani.

Saat itu saya putuskan untuk sekolah kejuruan agar cepat bekerja.

Tapi mau ambil jurusan apa ?

Melihat dan memilih sekolah mana yang tepat sama seperti memilih diantara ribuan butiran debu dalam genggaman tidak nampak perbedaannya.

Hal yang paling bijak adalah meminta pendapat hati nurani. Hehe

Apa yang di katakannya ?

Tidak ada yang terlintas di hati hanya memberi rasa bingung yang bertambah.

Okelah saya minta pendapat orang tua.

Apa yang di katakannya ?

“cari sekolah yang jurusannya menyediakan pekerjaan dan persaingannya sedikit”.

Nah dapat kan..
Hehe

Tidak ada hujan tapi ada petir seorang teman memberikan brosur sekolah salah satu jurusannya geologi pertambangan.

Ini awal mula lahirnya perjalanan hidup seorang wellsite geologist.

Oke cukup ceritanya.

Apa itu wellsite geologist ?

Siapa kita diantara milyaran manusia di dunia ?

Image
Pernah berpikir siapa kita diantara milyaran manusia yang di ciptakan Allah.
Untuk apa kita ada sedangkan sudah ada milyaran manusia yang lain.
Apakah kita berpengaruh ?
Bagi seorang pekerja freelance seperti saya ada atau tidaknya tidak akan merubah kehidupan yang sudah berjalan.
Saya bukan siapa siapa ?
Saya bukan presiden yang berpengaruh.
Saya bukan tokoh agama yang berpengaruh.

Baca juga: 
3 cara paling jitu menggapai impian

Apakah yang paling indah di dunia ini ?


Saya bukan tokoh partai yang berpengaruh.
Saya pun bukan anak bangsawan bukan seleb yang punya jutaan fans.
Tidak terkenal tidak dikenal.
Jika kita hidup tidak di ketahui oleh semua orang.
Jika kita mati tidak juga diketahui semua orang.
Lalu orang kecil seperti saya punya peranan apa di antara milyaran orang ?
Ya secara umum kita umat muslim semua sepakat kita diciptakan untuk ibadah.
Tidak peduli apakah miskin, kaya, melarat, cacat, konglomerat semuanya untuk ibadah.
Lalu jika hanya untuk ibadah kenapa kita semua tidak …

3 cara paling jitu menggapai impian terbesar

Image
Apa sih impianmu ?

Punya mobil mewah.

Punya rumah ada kolam renangnya.

Mau istri 4 cantik semua.

Mau kaya raya bebas finansial.

Setiap orang memang harus memiliki impian.

Seseorang yang tidak memiliki impian maka dia pantas untuk mati.

Tapi itu hanya impian sangat mudah di katakan begitu sulit di gapai.

Lalu bagaimana cara menggapai impian kita yang begitu hebat ?

Ada yang berkata jika ingin menggapai impian sama seperti menginginkan seorang gadis. Sekeras apapun dia menolak maka semangat kita melebihinya.

Hehe

Ada juga yang berkata seperti para pecinta sejati.
Meskipun wanitanya di nikahi oleh orang lain dia tetap menunggu jandanya.

Banyak orang memiliki impian yang hebat namun usahanya berhenti di tengah jalan atau mungkin belum mulai sudah berhenti.

Kenapa kebanyakan orang tidak pernah mencapai impiannya ?

Apa penyebabnya ?

Seratus persen jawabannya adalah mereka memilih menyerah.

Banyak sekali alasan kenapa seseorang menyerah.
Tidak percaya dengan diri sendiri, terlalu banyak gag…

Tips menunggu istri melahirkan di rumah sakit agar tidak panik

Image
Terkadang seorang calon ayah kebingungan ketika pertama kali menunggu istri melahirkan di depan kamar bersalin.

Sesekali menengok ke dalam yang sebenarnya pandangannya terbatas karena ada gorden.

Sesekali berdiri lalu duduk kemudian berdiri lagi seolah menunggu pengumuman kelulusan.

Terkadang juga tersenyum sendiri entah apa yang di benaknya.

Agar tidak kebingungan simak tips ini :

1.Jangan terlalu cepat ke rumah sakit.

Yang perlu anda ketahui bahwa istri yang sedang hamil tua dan sedang menghitung hari akan ada masa kontraksi palsu.

Ini sangat umum terjadi yang biasanya di sebabkan rahim ibu mengencang kemudian mengendor lagi.

Sering terjadi dan tidak beraturan.

Apa yang harus di lakukan ?

Tenang saja itu berarti anak anda sedang menguji rahim ibu.

Anak anda juga sedang berdansa di dalam ini bertujuan agar kepalanya tepat di mulut rahim.

Beberapa ayah panik dan menggedor pintu tetangga pinjam mobil kemudian sampai rumah sakit oleh dokter di suruh pulang lagi.

Rugi kan ?
Hehe

2.Tenang …

Apakah yang paling indah di dunia ini ?

Image
Apa yang paling indah di dunia ini ?



Apakah wanita dengan lekukan tubuhnya ?

Apakah harta dengan kemewahannya ?

Apakah burung dengan kicauannya ?

Apakah pantai dengan ombaknya ?

Apakah matahari dengan senjanya ?

Ataukah bunga dengan mekarnya ?

https://youtu.be/S5KuFfDXyyA
BUKAN !!!

Semuanya tidak ada yang abadi.

Semuanya akan tua dan membosankan.

Lalu apa yang keindahannya abadi di dunia ini ?

TIDAK ADA.

Ya tidak ada.

Jika ada yang mengatakan ini indah
Itu indah.

Maka sebenarnya dia berdusta.

Karena keindahan yang sejati hanya di surga.

Tidak pernah terlihat oleh mata.
Tidak pernah terlintas di hati.

Gunakan ramuan ini obat sakit gigi paling ampuh

Image
Sakit gigi...

Kenapa tidak pilih sakit yang lain sih ?

Bukan hanya rasa sakit yang di alami tapi konsentrasi juga kan ?

Termasuk dalam membaca tulisan ini pasti langsung ke bawah menuju poinnya saja.

Tenang, tidak perlu ke topik dulu.

Saya berikan ramuan dari sekitar kita mudah di dapat dan yang paling penting gratis.

Hati hati ...

Ketahui dulu penyebab sakit gigi baru cari obatnya.
Lain ladang lain belalang. Ibarat busur panah tidak tepat sasaran.

Banyak obat sakit gigi tapi banyak pula yang tidak sembuh.

Aneh kan ?


Sakit karena gigi berlubang


Apa yang menyebabkan gigi berlubang ?
Makan makanan yang manis.

Kenapa makanan yang manis dapat menyebabkan gigi berlubang ?
Saat kita makan yang manis sisa makanan termasuk gula akan menempel di permukaan gigi.
Sisa makanan inilah yang menyebabkan adanya bakteri.

Lho kok bisa ?

Tidak akan ada bakteri kalo tidak ada makanannya.
Sisa makanan ini akan menjadi makanan yang sangat lezat sehingga para bakteri bersorak kegirangan.
Lalu apa yang terja…

Kenapa gelombang 4 prakerja belum di buka

Image
Sebagai penerima prakerja gelombang 3 saya merasakan penolakan atau tidak lulus di gelombang 1 dan gelombang 2. Dan akhirnya di terima di gelombang 3. Karena itu saya selalu memberikan support dan semangat kepada calon peserta gelombang ke 4 meskipun hanya melalui tulisan ini. Hehe

Gelombang 4 sempat akan dibuka pada akhir bulan mei 2020 namun sampai awal juni belum ada kejelasan kapan gelombang 4 ini akan dibuka.

Sebelumnya, direktur eksekutif management pelaksana program kartu prakerja denni purbasari mengatakan pihaknya akan membuka kembali pendaftaran peserta kartu prakerja gelombang 4 pada selasa, 26 mei 2020.

Dari berbagai sumber saya merangkum penyebab belum dibuka nya pendaftaran gelombang 4 kartu prakerja.

Proses penyesuaian

Menteri koordinator perekonomian airlangga hartanto menjelaskan bahwa saat ini program prakerja gelombang 4 dalam proses penyesuaian. Gelombang 4 nantinya akan di lakukan secara online maupun offline sehingga butuh waktu untuk melakukan penyesuaian secara …

Bagaimana cara daftar prakerja

Hallo sobat tips and tutorial...

Bagaimana sih cara daftar kartu prakerja ?
Apa syarat-syaratnya ?

Sebenarnya cara mendaftar kartu prakerja kalo menurut saya gampang-gampang tidak susah.

Loh kok gitu ?
Padahal banyak yang masih belum kebagian ?

Daftarnya hanya butuh email. Gak susah kan ? Hehe

Yang sulit itu rasa malas ketika gagal di pendaftaran gelombang kemudian tidak mengikuti lagi ke gelombang berikutnya.

Lalu apa syarat-syaratnya ?

Berusia 18 tahun keatas dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal.
Hanya itu.

Ane kasih panduannya deh agar mudah mendaftar ya.

Pertama buat akun prakerja.


login dulu ke www.prakerja.go.idIsi nama, email dan sandiKonfirmasi email

Kedua verifikasi data pribadi.


Isi data diri dengan lengkap dan benar (nama, email, alamat, pendidikan, status, foto ktp dan foto selfie dengan ktp).Masukkan nomer handphone dan kode otp yang telah dikirimkan melalui sms.

Tes motivasi dan kemampuan dasar.

Ikuti tes yang telah di berikan siapkan polpen dan catatanSetelah itu tung…