Kenapa gelombang 4 prakerja belum di buka

Sebagai penerima prakerja gelombang 3 saya merasakan penolakan atau tidak lulus di gelombang 1 dan gelombang 2. Dan akhirnya di terima di gelombang 3. Karena itu saya selalu memberikan support dan semangat kepada calon peserta gelombang ke 4 meskipun hanya melalui tulisan ini. Hehe


Gelombang 4 sempat akan dibuka pada akhir bulan mei 2020 namun sampai awal juni belum ada kejelasan kapan gelombang 4 ini akan dibuka.

Sebelumnya, direktur eksekutif management pelaksana program kartu prakerja denni purbasari mengatakan pihaknya akan membuka kembali pendaftaran peserta kartu prakerja gelombang 4 pada selasa, 26 mei 2020.

Dari berbagai sumber saya merangkum penyebab belum dibuka nya pendaftaran gelombang 4 kartu prakerja.

Proses penyesuaian

Menteri koordinator perekonomian airlangga hartanto menjelaskan bahwa saat ini program prakerja gelombang 4 dalam proses penyesuaian. Gelombang 4 nantinya akan di lakukan secara online maupun offline sehingga butuh waktu untuk melakukan penyesuaian secara menyeluruh.

Proses evaluasi

Alasan belum di bukanya pendaftaran gelombang 4 dikarenakan PMO ( project management officer ) sedang melakukan evaluasi pelaksanaan gelombang pertama, kedua, dan ketiga. Ada banyak aspek yang di lakukan evaluasi oleh komite prakerja, meliputi proses verifikasi data peserta, kelompok yang di prioritaskan, dan juga masalah yang terkait proses pendaftaran.

Ada dua alasan yang mendasar kenapa belum di bukanya pendaftaran gelombang 4. Bagi calon peserta program prakerja agar bersabar menunggu.

Saran saya sambil menunggu sebaiknya calon peserta memperhatikan lagi syarat-syarat yang di butuhkan untuk mendaftar seperti apakah sudah memiliki email, apakah NIK sudah terdaftar di discapil/ ktp elektrik dan yang tidak kalah penting adalah apakah sudah memiliki rekening bank bni atau e-wallet yang bekerja sama dengan program prakerja.

Sebaiknya calon peserta menggunakan rekening bank bni daripada menggunakan e-wallet sebab pengalaman dari penulis yang menggunakan salah satu e-wallet yang bekerja sama dengan program prakerja harus melakukan upgrade primer agar bisa terhubung dengan prakerja. Dan proses upgrade membutuhkan waktu yang cukup lama.

Hal lain yang juga perlu di perhatikan adalah identitas yang digunakan pada rekening bank ataupun e-wallet harus sama dengan yang di daftarkan pada prakerja.

Nantinya rekening bank ataupun e-wallet yang digunakan untuk menerima insentif dari pemerintah sebanyak Rp. 600.000 akan di berikan setiap bulan sebanyak empat bulan.
Share On:

Comments

Popular posts from this blog

Sembuh dari tumor dengan daun sirsak

Gunakan ramuan ini obat sakit gigi paling ampuh

3 cara paling jitu menggapai impian terbesar

TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB WELLSITE GEOLOGIST PADA PEMBORAN BATUBARA

Apakah yang paling indah di dunia ini ?

APA ITU WELLSITE GEOLOGIST PADA PEMBORAN BATUBARA ?

Bagaimana cara daftar prakerja

Tips menunggu istri melahirkan di rumah sakit agar tidak panik

CONTOH DESKRIPSI CUTTING PADA PEMBORAN BATUBARA