TENANG BEGINI CARA MENGHAPUS APLIKASI BAWAAN ANDROID



Setiap Android tentunya memiliki aplikasi bawaan yang sudah langsung terpasang ketika pertama kali dibeli, padahal sebenarnya aplikasi tersebut tidak terlalu dibutuhkan. Karena itulah ada beberapa orang yang merasa terganggu dan ingin menghapus aplikasi bawaan tersebut.

Namun masalahnya adalah aplikasi bawaan Android tidak bisa dihapus dengan cara biasa sama halnya seperti aplikasi-aplikasi yang kita download di Play store. Terus apakah aplikasi bawaan ini tidak bisa dihapus? 

Anda tetap bisa menghapus aplikasi bawaan ini dengan beberapa cara dan trik. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tutorial cara menghapus aplikasi bawaan di Android dengan dan tanpa aplikasi.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android

Aplikasi bawaan ini tidak bisa sepenuhnya di bahpus, namun para pengguna Android masih bisa menonaktifkan aplikasi tersebut. Dengan memanfaatkan fitur andrid yang ada Anda bisa menonaktifkan aplikasi bawaan yang tidak diinginkan.

Namun bisa juga menggunakan bantuan aplikasi tambahan untukk menghapus aplikasi bawaan tersebut. Nah, berikut ini adalah cara menghapus aplikasi bawaan tanpa aplikasi:

1. Tanpa Aplikasi

Sebelum itu perlu anda ketahui bahwa menghapus aplikasi bawan tanpa aplikasi ini hanya bisa dilakukan beberapa aplikasi saja. Jadi jika sudah mengikuti tutorial ini namun belum berhasil, mungkin Smartphone Anda tidak mendukung cara ini dan bisa menggunakan cara lain.

Adapun cara hapus aplikasi bawaan tanpa aplikasi adalah:
1. Masuk ke Pengaturan atau Setting pada HP Anda.
2. Setelah itu klik menu Apps atau Aplication untuk melihat daftar aplikasi yang terinstal / terpasang di HP anda.
3. Nah, silahkan cari aplikasi yang ingin anda hapus / nonaktifkan. Nantinya akan muncul pilihan untuk Disable atau Force Stop pada aplikasi tersebut.
4. Jika anda ingin menghapus aplikasi bawaan tersebut maka pilih Disable. Namun jika aplikasi bawaan tersebut tidak bisa dihapus, klik Force Stop dulu. 
5. Setelah itu barulah anda bisa klik Disable pada aplikasi tersebut, dan klik OK.
6. Selesai, anda sudah berhasil menghapus aplikasi bawaan tersebut.

2. Menggunakan Aplikasi

Jika cara pertama tidak berhasil, anda bisa menggunakan cara kedua, yaitu menggunakan bantuan aplikasi tambahan. Ada banyak aplikasi yang bisa anda pakai, contohnya seperti CCleaner. 

Berikut ini adalah cara menghapus aplikasi bawaan android menggunakan aplikasi CCleaner:

1. Pertama, Anda harus download terlebih dahulu aplikasi CClenaer di Play Store.
2. Kemudian buka aplikasi CCleaner yang sudah anda install tadi.
3. Setelah itu klik menu icon garis 3 yang aada di sebelah kiri atas.
4. Setelah itu, masuk ke menu App Manager. 
5. Di menu App Manager, silahkan pilih tab System.
6. Di tab System ini, anda bisa memilih aplikasi bawaan mana yang ingin anda hapus dengan cara klik icon tong sampah.
7. Anda juga bisa menghapus lebih dari satu aplikasi dalam satu kali klik, yaitu dengan cara checklist pada aplikasi-aplikasi yang ingin dihapus, kemudian klik tombol Uninstall.
8. Akan muncul sebuah pop up konfirmasi penghapusan, silahkan klik Continue untuk melanjutkan proses penghapusan aplikasi.
9. Selesai

FAQ
Apakah tutorial ini bisa dilakukan untuk HP yang belum di root?
Bisa. Anda bisa melakukan penghapusan aplikasi bawaan meski HP anda belum di root, namun kadang ada beberapa aplikasi yang tidak bisa dihapus.
Kenapa saya tidak bisa menghapus aplikasi bawaan?
Mungkin karena memerlukan akses root (admin) untuk melakukan penghapusan tersebut, jadi silahkan root terlebih dahulu HP anda dan gunakan. Dengan melakukan rooting ini anda akan mendapat akses penuh terhadap HP anda.


Kesimpulan

Jadi kesimpulannya, anda bisa menghapus aplikasi bawaan pada HP Android dengan bantuan aplikasi dan tanpa aplikasi tambahan. Namun ada beberapa aplikasi yang mungkin tidak bisa dihapus dan memerlukan akses root untuk menghapusnya.

Demikianlah tutorial singkat yang bisa saya sampaikan tentang cara menghapus aplikasi bawaan di HP Android dengan dan tanpa aplikasi tambahan. Semoga tutorial di atas tadi bisa membantu anda menyelesaikan masalah yang sedang anda hadapi.



Share On:

Comments

Popular posts from this blog

Sembuh dari tumor dengan daun sirsak

Gunakan ramuan ini obat sakit gigi paling ampuh

3 cara paling jitu menggapai impian terbesar

TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB WELLSITE GEOLOGIST PADA PEMBORAN BATUBARA

Apakah yang paling indah di dunia ini ?

APA ITU WELLSITE GEOLOGIST PADA PEMBORAN BATUBARA ?

Bagaimana cara daftar prakerja

Tips menunggu istri melahirkan di rumah sakit agar tidak panik

Siapa kita diantara milyaran manusia di dunia ?