Bikin melongo, berapa gaji pekerja tambang sebenarnya ?



Bekerja di sektor pertambangan khususnya batubara memang impian banyak orang. Bagaimana tidak, gaji para pekerja tambang batubara bisa di katakan di atas rata-rata di banding di sektor lain.

Tidak heran jika saat ini banyak para calon pekerja berlomba meningkatkan skill dan keterampilan mereka melalui kursus demi bisa di terima bekerja di perusahaan tambang terkenal.

Berikut beberapa alasan mengapa gaji pekerja tambang lebih tinggi :


1. Resiko pekerjaan

Tentu anda sering melihat berita di televisi bahkan di media sosial pekerja tambang di china mengalami kecelakaan kerja yang berdampak kematian. Para pekerja tambang itu bukan karena mereka tidak menjaga keselamatan dalam bekerja, tetapi itulah resiko yang di hadapi saat sedang bekerja.

Apalagi rata-rata tambang batubara di china merupakan tambang bawah tanah yang sangat mungkin menimbulkan kecelakaan kerja akibat tertimbun material longsor. Bukan hanya itu, kecelakaan kerja tambang batubara bisa terjadi karena kesalahan dari pekerja itu sendiri atau karena peralatan pekerjaan yang di pakai.

Pekerja yang paling sering mengalami kecelakaan kerja adalah yang bekerja langsung di lokasi tambang seperti operator alat berat, checker, foreman, survey, pit geologist, fuelman hingga supervisor.

Nah pilih mana nih gaji tinggi tapi beresiko kematian atau gaji cukup dengan resiko rendah ? 

Wah, ternyata gaji pekerja tambang berbanding lurus dengan resiko yang tinggi yah.


2. Kesehatan pekerja


Di dunia pertambangan sangat memungkinkan untuk para pekerja mengalami sakit di karenakan bekerja. Perlu di ketahui bahwa perusahaan pertambangan modern memiliki target produksi yang harus di capai.


Untuk mencapai hal tersebut maka perusahaan pada umumnya melakukan jadwal bekerja dengan sistem rotasi yaitu bekerja di siang hari selama 14 hari kemudian bekerja di malam hari selama 14 hari pula. Di saat pergantian shift tersebut dari siang ke malam atau sebaliknya kondisi kesehatan para pekerja biasanya mengalami penyesuaian.


Bekerja di malam hari tentu membuat para pekerja memiliki resiko kesehatan yang sangat tinggi. Jika tubuh tidak terbiasa dengan cuaca dingin di malam hari akan berakibat pada kesehatan pekerja itu sendiri. Belum lagi rasa kantuk dan juga rasa lelah yang harus dilawan.


Wah ternyata gaji pekerja berbanding dengan resiko kesehatannya yah.


3. Pengalaman dan keterampilan pekerja yang mumpuni


Bisa di bayangkan tambang yang begitu besar dan dalam jika tidak di dukung dengan ilmu yang di miliki oleh para pekerjanya yang ahli maka hanya akan menjadi sia-sia saja. Mungkin saja perusahaan akan mengalami kerugian akibat biaya penambangan yang sangat besar tanpa di di imbangi oleh bahan galian yang terdapat pada tambang tersebut.


Perusahaan pasti sudah mengetahui jumlah cadangan bahan galian yang akan di tambang sebelum di lakukan penambangan. Data-data bahan galian tersebut di peroleh  dari para pekerja ahli yang melakukan penyelidikan sebelum penambangan di mulai.


Jika dinilai menguntungkan secara ekonomis dan dapat menutupi biaya produksi maka akan di mulai penambangan secara terencana. Bagaimana jika data bahan galian tersebut tidak benar ?


Tentu perusahaan berani membayar pekerja lebih tinggi dari pada mengalami kerugian yang sangat besar kan.


Semakin besar dan lebar sayap burung maka semakin tinggi terbangnya. Begitu juga dengan pekerja tambang semakin banyak pengalaman yang di milikinya maka semakin tinggi gaji yang di terimanya.


Jika di perhatikan di beberapa media yang menyebarkan lowongan pekerjaan khususnya perusahaan tambang salah satu syaratnya adalah calon pekerja harus memiliki pengalaman setidaknya 5 sampai 10 tahun.


Bahkan untuk memiliki karyawan yang ahli di bidangnya banyak perusahaan rela mengeluarkan biaya kursus ke luar negeri untuk meningkatkan kemampuan pekerjanya. Karena karyawan adalah aset bagi perusahaan.



4. Harga bahan galian yang tinggi


Bahan galian seperti batubara merupakan salah satu batuan sedimen yang terjadi berjuta-juta tahun lalu dan tidak dapat di perbarui. Ini menjadi penyebab harga batubara yang tinggi.


Jika bahan galian yang di tambang memiliki harga yang tinggi maka tentu akan berdampak pada gaji para pekerja tambang tersebut. Apalagi tidak semua negara memiliki bahan galian mengakibatkan harganya semakin tinggi.


Bahkan perusahaan tambang besar memiliki kebijakan yang sangat baik dalam memberi gaji karyawannya. Semakin banyak perusahaan mendapatkan keuntungan maka semakin tinggi gaji yang di berikan.




Selain dari alasan tersebut di atas gaji karyawan tambang juga di pengaruhi oleh kebijakan dari perusahaan tempatnya bekerja seperti adanya uang lembur, uang cuti, uang transfort, uang makan, uang produksi, uang lapangan dan masih banyak yang lainnya.

Baca juga: Tips melamar kerja di perusahaan pertambangan


Lalu berapa sih gaji pekerja tambang itu ?


Berikut ini gaji pekerja tambang menurut posisi dan jabatan yang di milikinya:


Senior staff


Golongan yang termasuk senior staff dalam perusahaan tambang adalah seperti kepala tehnik tambang, wakil kepala tehnik tambang, project manager, superitendet, kepala departement dan kepala personalia. Untuk gaji karyawan yang termasuk golongan senior staff berkisar antara 30 - 70 juta. Ini belum termasuk berbagai tunjangan yang di miliki dari perusahaan tempat bekerja.



Junior staff


Junior staff maupun senior staff termasuk pekerja yang banyak bertugas di dalam kantor meskipun terkadang mereka juga turun kelapangan langsung. Golongan yang termasuk junior staff seperti para supervisor, sefety, accounting, admin, senior geologist, quality, mineplan, moddelling dan lain sebagainya. Rata-rata gaji untuk jabatan tersebut berkisar antara 25 – 60 juta. 



Pengawas lapangan


Pengawas lapangan adalah karyawan yang bertugas di area sekitar tambang, mengawasi dan mengontrol proses penambangan agar berjalan dengan aman dan lancar dan sesuai dengan rencana kerja. Pengawas lapangan pada perusahaan tambang seperti mine enginer, mine supervisor, foreman, safety control, pit geologist, dan survey enginer. Gaji untuk pengawas lapangan berkisar antara 15 – 45 juta.



Pekerja di area tambang


Untuk pekerja di area pit seperti operator alat berat, driver alat berat, mekanik, surveyor, fuel man, checker, sampler, helper, flagh man dan lain sebagainya. Gaji untuk pekerja di area tambang berkisar 7 – 20 juta.


Berapa gaji mereka jika di tambahkan dengan tunjangan seperti uang lapangan, uang lembur, uang target produksi dan tunjangan lainnya ?


Wah besar sekali ya.




Hal yang tidak kalah penting adalah kebijakan dari perusahaan sendiri dan proses negosiasi pada saat pelamaran kerja. Perusahaan yang sudah besar dan terkenal tentu memiliki kebijakan yang lebih baik dari pada perusahaan yang kecil.



Bagi anda yang ingin bekerja di perusahaan tambang tidak ada salahnya mencoba meskipun belum berpengalaman. Sebaiknya carilah lowongan pekerjaan di perusahaan tambang yang memang mencari fresh graduite atau yang belum berpengalaman. Jika sudah memiliki pengalaman dan keterampilan maka akan mudah untuk mendapatkan pekerjaan di tempat lain.



Yang perlu di hindari bagi anda pencari kerja adalah kenali dan cari tahu dengan teliti asal usul perusahaan tempat anda melamar kerja. Saat ini banyak perusahaan ilegal yang melakukan penambangan liar dan menyediakan banyak lowongan pekerjaan bagi pencari kerja kemudian memberikan gaji yang tidak sesuai dengan seharusnya bahkan ada yang tidak bertanggung jawab dengan tidak membayar gaji sampai berbulan-bulan.