Pasti di terima, 9 tips melamar kerja di perusahaan pertambangan



Menjadi karyawan di perusahaan pertambangan tentu menjadi kebanggan tersendiri bagi kita, anak dan keluarga. Bagaimana tidak selain gaji yang cukup menggoda juga beberapa alasan seperti tunjangan, karier dan fasilitas yang menjanjjikan.

Tapi untuk memasuki perusahaan pertambangan sebagai karyawan tidaklah mudah. Apalagi sebagai calon karyawan yang tidak berpengalaman tentu menjadi hal yang cukup sulit.

Berikut ini beberapa hal yang mesti di persiapkan sebelum melamar kerja di perusahaan pertambangan.

1. Pastikan perusahaan memang sedang mencari karyawan


Melamar kerja sebaiknya kepada perusahaan yang memang sedang menyediakan lowongan kerja agar tepat sasaran dan peluang untuk di terima kerja lebih besar.


Perusahaan yang menyediakan lowongan kerja sudah pasti mencari karyawan. Tetapi jika anda melamar kerja ke perusahaan yang belum menyediakan lowongan kerja maka akan sulit untuk di terima.


2. Cari tahu latar belakang perusahaan yang akan di lamar


Sebagai pencari kerja sangat disarankan untuk mencari tahu latar belakang dan visi misi perusahaan tersebut. Bagaimana management perusahaan tersebut, siapa pendiri perusahaan tersebut, apakah perusahaan yang akan di lamar pernah memiliki catat buruk, dan bagaimana sejarah perusahaan tersebut.


Kadang pencari kerja melupakan hal ini sehingga setelah di terima bekerja yang ada hanya penyesalan karena management perusahaan yang buruk. Nah lhoo anda tidak ingin menyesal kan ?


3. Pastikan lowongan kerja yang akan di lamar benar-benar dari perusahaan penyedia



Pengalaman dari penulis sendiri yang melamar kerja via email ke perusahaan tambang. Setelah beberapa hari mendapatkan balasan dari perusahaan tersebut yang tidak lain adalah seorang penipu. Balasan dari email tersebut menginginkan saya sebagai pelamar kerja mentrasfer sejumlah uang dengan alasan biaya travel dan pesawat. Untunglah saya sadar jika lowongan itu hoax.


Nah bagaimana sih cara mengetahui lowongan yang kita dapatkan dari berbagai sumber itu palsu atau tidak ?


Pertama adalah coba cari tahu kebenaran lowongan tersebut dengan cara menghubungi ke website perusahaan yang di maksud. Jika memang benar maka pihak perusahaan akan menampilkan lowongan tersebut di websitenya.


Kedua adalah coba saja kirim lamaran ke lowongan tersebut. Jika ada perintah mentrasfer beberapa uang dengan alasan yang macam-macam maka bisa di pastikan lowongan tersebut palsu.


Baca juga: Berapa gaji pekerja tambang ?


4. Melamar sesuai dengan kualifikasi anda

Maksudnya begini, kalau anda freshgraduate carilah lowongan yang juga dengan syarat freshgraduate. Jika melamar dengan kualifikasi harus berpengalaman maka sedikit peluang anda akan lolos ke tahap selanjutnya.


Tapi jangan berkecil hati karena banyak perusahaan yang mencari karyawan fresh dengan alasan lebih terjangkau. Setelah anda bekerja dengan otomatis anda sudah punya pengalaman untuk masa depan anda. Bagaimanapun harga jual anda sesuai dengan pengalaman yang anda punya.


5. Persiapkan dokumen anda.


Apa jadinya jika anda pergi melamar kerja tapi tidak membawa dokumen ?


Ya pasti ditolak.


Dokumen seperti ktp, kartu keluarga, ijazah, kartu tanda pencari kerja, sertifikat dan pengalaman kerja disusun yang rapi kemudian dimasukkan kedalam map coklat. 


Meskipun anda melamar kerja lewat email dokumen tersebut tetap dibutuhkan saat anda akan di interview oleh perusahaan selain untuk mengecek keaslian dokumen juga untuk file karyawan nantinya.


Jadi fotokopi semua berkas anda yang banyak ya.



6. Perhatikan waktu saat mengirim lamaran kerja lewat email


Kapan waktu yang baik untuk mengirim email lamaran kerja ?


Tips ini saya dapatkan dari seorang teman yang juga hrd di perusahaan tambang. 


Waktu terbaik mengirim lamaran kerja via email adalah saat jam kantor sedang istirahat. Jadi bukan saat jam kantor sedang sibuk ya. Bukan juga saat hari sedang libur seperti sabtu dan minggu.


Bisa di bayangkan hrd lagi sibuk-sibuknya dan anda mengirim lamaran kerja.


Apa yang terjadi ?


Bisa saja lamaran anda tidak di baca.


Nah kenapa waktu yang terbaik saat istirahat ?


Saat istirahat makan siang hrd biasanya menonaktifkan jaringan di hanphonenya agar tidak mengganggu. Ini berarti segala macam yang berhubungan dengan internet termasuk email ikut tidak aktif.

Saat waktu masuk kantor di mulai hrd biasanya baru akan mengaktifkan handphonenya dan otomatis ada email masuk dari anda.


Email anda besar kemungkinan akan dibaca bahkan langsung di balas.


Kenapa ?


Kalau seseorang akan memulai bekerja biasanya tidak langsung bekerja mereka membutuhkan sedikit hiburan atau infomasi tentang sesuatu yang baru. Mereka butuh sesuatu untuk merefresh otak sejenak sebelum bekerja.


Nah itulah peluang yang saya maksud tadi.

Jadi sebaiknya buatlah lamaran anda sebaik mungkin ya gaes.



7. Ikut pelatihan sebelum kerja


Kirim email sudah.

Sambil menunggu dibalas tidak ada salahnya ikut pelatihan untuk menambah skill dan pengetahuan kan. Supaya saat bekerja nanti tidak terlalu kaku. Pelatihan yang sesuai dengan lowongan kerja yang anda lamar tentu sangat berpengaruh dengan wawancara nantinya.


Jika anda memiliki sertifikat dan kompetensi akan lebih disukai dan juga peluang di terima tentu semakin besar.


8. Persiapkan mental dan jawaban saat wawancara


Jika lolos di seleksi berkas anda masih akan di seleksi lagi di tahap interview. Inilah saat yang mendebarkan karena tatap muka secara langsung dengan hrd perusahaan.


Siapkan jawaban yang tepat saat hrd memberikan pertanyaan. Pertanyaan biasanya akan menjebak anda. Tapi jangan khawatir karena tujuan wawancara ini adalah untuk mengetahui diri anda yang sebenarnya. Tetap tenang dan tidak tegang saat proses wawancara.


Apasih pertanyaan hrd perusahaan ?


Secara umum hrd akan menanyakan kenapa anda tertarik bekerja di perusahaan ini ?


Kira-kira jawaban apa yang tepat ?


Kebanyakan para calon karyawan menjawab karena gaji dan fasilitas yang lebih baik. Atau karena perusahaan sebelumnya tempat bekerja tidak baik.


Di situ salahnya.


Inti dari pertanyaan itu adalah untuk mengetahui loyalitas anda saat bekerja. Jadi ketika perusahaan anda dalam situasi down apakah anda akan memilih resign atau bertahan. Pihak perusahaan pasti akan menilai anda tidak memiliki loyalitas.


Jadi tidak tepat jika jawaban anda seperti itu.


Ada juga yang memberikan jawaban karena ingin memberikan yang terbaik untuk perusahaan. Dan ingin membantu perusahaan mencapai keuntungan yang besar.


Ini juga tidak tepat.


Dengan jawaban seperti itu anda sudah memberitahukan bahwa diri anda bukanlah orang yang kreatif. Kenapa ?


Karena itu adalah jawaban yang sangat sederhana. Perusahaan tidak memikirkan keuntungan saat menerima anda tetapi bagaimana memiliki karyawan yang berkarakter. Karena karyawan adalah aset.


Lalu jawaban seperti apa yang tepat ?


Menurut pengalaman penulis hrd perusahaan sangat menghargai jawaban yang jujur apa adanya tidak di buat-buat dan tidak bertele-tele.


Perhatikan jawaban penulis setiap kali mengikuti wawancara kerja berikut ini.


“Saya tertarik bekerja di perusahaan ini karena ingin menafkahi istri dan  3 orang anak saya".


Tidak ada yang spesial.


Memang.


Tapi secara tidak langsung perusahaan menilai bahwa anda adalah orang yang penuh tanggung jawab bukan hanya dirumah bahkan di tempat kerja. Pihak perusahaan juga akan menyadari bahwa anda memiliki keluarga sehingga pasti akan bekerja dengan baik dan hati-hati.




9. Perbanyak relasi anda.


Hal yang tidak kalah penting adalah membuat relasi sebanyak mungkin.

Berteman dengan para pekerja di perusahaan tambang tidak ada ruginya.


Saat perusahaan tempat mereka bekerja sedang membutuhkan karyawan maka mereka akan merekomendasikan kenalan serta temannya. Jadi anda harus memiliki banyak kenalan karyawan yang sudah bekerja di perusahaan tambang ya.



Nah, itu adalah hal yang harus di perhatikan sebelum melamar kerja di perusahaan pertambangan. Semoga anda cepat mendapatkan pekerjaan yang di inginkan ya.